Home / IKLIM / Peristiwa Iklim Ekstrem yang Sering Terjadi di Muka Bumi

Peristiwa Iklim Ekstrem yang Sering Terjadi di Muka Bumi

Apa Itu Iklim Ekstrem dan Mengapa Mereka Terjadi

Iklim ekstrem atau yang biasa kita sebut sebagai cuaca ekstrem sering terjadi di manapun. Iklim ekstrem atau cuaca ekstrem sering terjadi baik di tempat yang banyak manusia dan makhluk hidup lain atau di tempat yang hampir tidak ada makhluk hidupnya. Terjadinya Iklim ekstrem ini seringkali karena kejadian yang tidak biasa pada cuaca. Hal ini meliputi cuaca yang terjadi tidak pada waktunya, tidak terjadi pada tempat yang seharusnya, dan banyak kejadian di luar ekspektasi lain.

klim ekstrem atau cuaca ekstrem seringkali menyebabkan kerugian yang tidak kecil bagi lingkungan atau tempat terjadinya. Karena skala kejadian yang juga tidak kecil, bahkan tergolong sangat besar. Tidak jarang pula klim ekstrem atau cuaca ekstrem ini menelan banyak korban jiwa. Tetapi karena sudah sering terjadi, korban dan kerugian di masa depan akan bisa berkurang.

Iklim Ekstrem yang Sering Terjadi di Bumi

Cukup banyak klim ekstrem atau cuaca ekstrem yang tercatat pernah terjadi di berbagai belahan bumi sampai sekarang ini. Catatan ini seringkali menjadi patokan untuk mengurangi dan memprediksi kapan klim ekstrem atau cuaca ekstrem terjadi di masa yang akan datang. Karena kerugian yang timbul sangat besar, data terjadinya klim ekstrem atau cuaca ekstrem ini menjadi sangat penting untuk mencegah hal tersebut. Berikut adalah klim ekstrem atau cuaca ekstrem yang tercatat pernah terjadi di berbagai penjuru bumi:

  • Gelombang Panas/Heat Wave

Gelombang panas atau yang biasa kita sebut sebagai heat wave merupakan salah satu klim ekstrem atau cuaca ekstrem yang paling berbahaya. Bagaimana tidak, temperartur udara di tempat terjadinya gelombang panas akan naik hingga sangat tinggi, jauh lebih tinggi daripada biasanya. Hawa panas dari gelombang panas bisa mencapai suhu lebih dari 40 derajat celsius. Bahkan rekor tertinggi yang pernah terjadi adalah 57 derajat celsius di Amerika Serikat.

Kerugian yang sering timbul dari gelombang panas ini adalah rusaknya infrastruktur pemerintah dan tidak jarang juga memakan korban jiwa. Gelombang panas juga menyebabkan gangguan yang biasa medis sebut sebagai heatstroke. Gangguan ini bahkan bisa menyebabkan kematian karena malfungsi organ jika tidak segera pihak medis tangani. Ada juga Hyperthermia yang merupakan gangguan pada tubuh karena suhu di sekitar terlalu tinggi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala dari hyperthermia. Tidak jarang juga hyperthermia memakan korban jiwa.

  • Gelombang Dingin/Cold Wave

Gelombang dingin atau yang biasa kita sebut sebagai cold wave adalah kejadian di mana suhu turun hingga jauh di bawah nol derajat celsius. Hal ini merupakan kebalikan dari gelombang panas yang menaikkan suhu. Penurunan suhu yang terjadi saat gelombang dingin merupakan salah satu yang sangat ekstrem. Suhu bisa turun lebih dari -5 derajat celsius dan membekukan semua yang ada.

Kerugian yang sering terjadi karena gelombang dingin adalah terhambatnya transportasi, sulit mobilisasi, dan juga terhalangnya orang-orang untuk berkegiatan secara normal. Suhu dingin yang ekstrem bahkan tidak jarang menyebabkan hypothermia pada orang-orang yang tidak tahan suhu rendah. Hypothermia adalah kelainan pada tubuh yang terjadi karena rendahnya suhu. Karena suhu di sekitar rendah, tubuh tidak bisa mempertahankan suhu di dalam tubuh itu sendiri. Hypothermia tidak jarang memakan korban jiwa.

  • Siklon Tropis

Siklon tropis atau yang biasa kita sebut sebagai angin puyuh, hurikan, angin ribut, dan masih banyak lagi merupakan kejadian ekstrem yang sering terjadi. Badai yang berpusat pada pusat bertekanan rendah tersebut seringkali terjadi di daerah beriklim tropis. Hal ini merupakan kesatuan dari awan, angin, dan badai petir yang berpusat pada suatu pusat yang biasa kita sebut mata badai.

Siklon tropis menyebabkan kerugian yang besar karena merusak objek secara fisik dan seringkali memakan korban jiwa karena tertimoa reruntuhan. Siklon tropis pernah terjadi di Jawa yang diberi nama Badai Fiona, Siklon Ivy di Papua dan Australia, dan masih banyak lagi siklon tropis yang pernah terjadi.

Sekian penjelasan dari saya, semoga anda bisa menghindari Iklim ekstrem atau cuaca ekstrem dengan aman.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER