Home / MUSIM / Fenomena Alam yang Menjadi Ciri Khas Setiap Musim

Fenomena Alam yang Menjadi Ciri Khas Setiap Musim

Musim dan Berbagai Fenomena yang Ikut Terbawa

Setiap musim pasti memiliki ciri khas masing-masing, kita sudah sangat sering membahas tentang hal tersebut. Ciri khas yang saya maksud di sini adalah keadaan alami ketika musim itu terjadi, seperti daun yang berguguran ketika musim gugur, panas menyengat musim panas, hawa dingin musim dingin, dan mekarnya bunga saat musim semi. Peristiwa-peristiwa di atas sudah merupakan ketetapan dari pencipta musim-musim tersebut dan tidak bisa kita ganggu gugat lagi.

Lalu bagaimana dengan fenomena alam yang tidak selalu terjadi pada musim tersebut tapi hanya terjadi di musim tersebut? Seperti sungai yang membeku pada musim dingin, mekarnya bunga tertentu saat musim semi, dan masih banyak fenomena alam lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang hal itu, saya yakin ini tidak akan mengecewakan anda. Mari kita mulai dengan musim panas kesukaan kita semua.

Fenomena Alam Musim Panas

Musim panas memiliki ciri khas suasana yang panas dan matahari yang cerah dan juga terik. Musim panas juga identik dengan siang hari yang lebih lama daripada malam hari. Bahkan tidak jarang di suatu negara matahari bersinar selama 18 jam atau kurang lebih selama 3/4 hari. Dari kalkulasi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa malam hari hanya berlangung selama kurang dari 6 jam. Lalu fenomena alam apa yang terjadi pada saat musim panas? Sesuai perkiraan anda, matahari tengah malam atau midnight sun.

Kejadian ini rutin terjadi di bagian utara Norwegia yang berbatasan langsung dengan Kutub Utara. Sumbu bumi berotasi secara tetap, alhasil matahari menyinari suatu daerah secara terus menerus selama beberapa minggu.

Fenomena Alam Musim Dingin

Musim dingin terkenal dengan salju yang putih dan hawa dingin yang menusuk tulang. Tapi kali ini kita tidak akan membahas hal yang umum kita ketahui seperti itu. Kali ini kita akan membahas tentang fenomena yang melibatkan es sebagai tokoh utamanya dan musim dingin sebagai sutradaranya.

Banyak fenomena yang melibatkan es pada musim dingin. Salah satu contohnya adalah ombak es di Minnesota. Ombak ini membawa bongkahan es raksasa yang dingin. Beberapa ahli berpendapat permukaan air yang beku tertiup oleh angin laut yang kemudian membawa bongkahan es ini ke pesisir bersama dengan ombak. Selain ombak yang beku, ada juga bekunya Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Bekunya air terjun tersebut hanya terjadi ketika suhu sudah mencapai titik yang benar-benar dingin.

Fenomena Alam Musim Semi

Musim semi adalah musimnya tumbuhan untuk tumbuh dan dan bunga untuk mekar. Karena itu musim semi selalu identik dengan kesegaran tumbuhan dan segala yang menyertainya. Begitu pula fenomena alam khas musim semi yang akan kita bahas. Fenomena alam yang ada tidak akan melenceng dari tumbuhan yang khas dari musim semi itu sendiri.

Ketika mendengar musim semi yang terbayang di benak anda pasti itu. Ya, bunga sakura di Jepang tentu saja. Bunga sakura yang indah dan menyejukkan mata mekar pada musim semi. Banyak orang akan melakukan piknik di bawah pohon sakura, piknik ini biasa orang Jepang sebut sebagai hanami. Selain bunga sakura, ada juga migrasi kupu-kupu yang terjadi di benua Amerika, tepatnya di Meksiko dan Amerika Serikat. Musim semi adalah saat bagi kupu-kupu untuk bermigrasi.

Fenomena Alam Musim Gugur

Musim gugur selalu identik dengan daun berwarna oranye yang berguguran dengan latar belakang matahari terbenam yang juga berwarna oranye. Sebuah pemandangan bak negeri dongeng yang hampir semua orang dambakan. Ternyata musim gugur tidak hanya identik dengan daun yang berjatuhan.

Musim gugur banyak menjadi waktu untuk hewan-hewan bermigrasi. Salah satunya adalah kupu-kupu raja yang bermigrasi ke arah yang berlawanan dengan musim semi. Ada juga migrasi rusa kutub atau yang biasa orang Alaska sebut sebagai karibu. Lalu ada juga kerabat karibu yang memasuki masa kawin sehingga kita juga bisa melihatnya, yaitu elk. Elk seringkali terlihat di Amerika Serikat bagian barat. Elktober adalah sebutan untuk fenomena yang menjadikan elk sebagai tokoh utama ini.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER