Home / IKLIM / Fenomena Alam yang Aneh dan Unik di Seluruh Dunia

Fenomena Alam yang Aneh dan Unik di Seluruh Dunia

Fenomena Alam

Fenomena alam merupakan kejadian di mana alam secara alami membuat respon terhadap suatu keadaan baik itu keadaan yang terjadi secara alami maupun buatan manusia atau makhluk hidup lain. Respon alami alam yang brupa fenomena alam ini seringkali di luar akal orang-orang, baik yang awam maupun yang berpengalaman. Karena pada dasarnya, alam sendiri masih banyak diselimuti misteri yang sampai sejauh ini banyak dari mereka yang belum berhasil terungkap oleh manusia. Fenomena alam yang unik dan aneh banyak terjadi baik di sekitar manusia maupun di tempat yang tidak dapat manusia jangkau sama sekali. Jika sebuah fenomena alam terjadi di luar jangkauan manusia, maka itu sudah tugas dari para ahli untuk membuatnya dapat orang awam cerna dan pahami.

Meskipun demikian, masih banyak fenomena alam di Bumi yang masih belum bisa para ahli pahami. Walaupun fenomena alam yang bisa ahli pahami rasionya lebih banyak daripada yang tidak, ketidaktahuan terhadap sesuatu membuat kita harus was-was. Bukan berarti kita hidup dalam ketakutan karena tidak mengetahui sesuatu, tetapi waspada terhadap segala kemungkinan yang mungkin terjadi, baik itu berbahaya maupun tidak. Karena dari awal, alam memiliki sistem untuk menormalkan keabnormalan yang terjadi di alam. Tidak menutup kemungkinan bahwa fenomena alam misterius merupakan salah satu dari usaha alam untuk menyingkirkan gangguan. Dengan menyingkirkan gangguan, alam akan bisa kembali ke keadaan normalnya.

Fenomena Alam yang Aneh dan Unik di Seluruh Dunia

Bumi yang luas merupakan lahan tak terbatas untuk mendapatkan kemungkinan yang hampir tidak terbatas pula. Banyak hal yang terjadi di muka Bumi ini terasa tidak masuk akal bagi orang awam. Beberapa di antaranya adalah fenomena-fenomena alam aneh dan unik yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Berikut adlaah beberapa di antaranya:

  • Batu Berjalan

Fenomena alam ini tergolong salah satu yang paling misterius di daftar ini. Bagaimana tidak, di permukaan tanah musim kemarau yang kekeringan dan penuh dengan celah retakan, sebongkah batu bisa berjalan dengan sendirinya dan meninggalkan jejak yang panjang. Fenomena ini terjadi di Lembah Kematian. Batu yang para ahli amati ini memiliki jejak panjang di belakangnya yang menandakan bahwa batu ini telah berpindah tempat dari tempat asalnya. Tetapi apa yang menyebabkan hal tersebut? Para ahli mengklaim bahwa kejadian ini terjadi karena terdapat konsentrasi air, angin, dan es. Komposisi tertentu dari ketiga elemen utama tersebut bisa membuat batu bergerak di atas permukaan tanah yang kasar seakan batu tersebut bisa bergerak sendiri tanpa bantuan apapun. Memang kesannya menyeramkan, tetapi begitulah adanya.

  • Sungai Bolton

Sungai ini merupakan salah satu fenomena misterius yang ada di Inggris. Terletak di Yorkshire, Inggris sungai ini memiliki arus yang terlihat sangat deras bahkan sampai membentuk partikel-partikel air di udara. Hampir seperti kabut yang menutupi area sungai itu sendiri. Misteri yang menyelimuti sungai ini adalah, bahwa tida pernah ada seorangpun kembali hidup-hidup ketika masuk ke dalamnya. Arus sungai ini tidak normal dan membuat siapapun bisa terperangkap di dalamnya karena ada ruang kosong di dasar sungai ini. Ketika seseorang mencapai ruang kosong tersebut, maka akan sangat sulit baginya untuk bisa keluar. Jika bisa, maka itu adalah sebuah keajaiban.

  • Gerbang Neraka

Gerbang neraka, lubang neraka, lubang api, masih banyak sebutan lain untuk kubangan api yang terletak di Turki ini. Sebuah cekungan yang berada di tengah dataran pasir ini terus menerus menyemburkan atau lebih tepatnya tempat menyalanya api. Para ahli menduga bahwa sumber dari nyala api ini adalah gas alam yang mencoba keluar dari dalam bumi. Lubang ini dulunya merupakan pusat pengeboran gas alam yang gagal dan kemudian pengebornya tinggalkan begitu saja. Ketika gas yang mudah terbakar berinteraksi dengan api, maka terjadilah lubang neraka ini. Lubang neraka ini konon katanya tidak akan pernah padam kecuali jika gas alam yang berada di bawahnya habis. Dan untuk bisa habis, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER