Home / IKLIM / Bagaimana Keadaan Lingkungan Berdampak Pada Manusia

Bagaimana Keadaan Lingkungan Berdampak Pada Manusia

Lingkungan di Sekitar Manusia

Seperti yang kita telah ketahui, manusia hidup di lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang berada di sekitar manusia merupakan hal yang sangat krusial bagi segala hal yang ada di dalamnya baik itu makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan maupun benda mati seperti air, tanah, dan udara. Manusia hidup sangat bergantung pada lingkungan yang mereka tempati. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, manusia merupakan makhluk yang memiliki banyak kekurangan. Manusia tidak bisa memproduksi makanan sendiri seperti tumbuhan, manusia membutuhkan air dan udara agar mereka tetap hidup, dan ketika mereka mati mereka kembali ke tanah. Jadi jika kita membuat pernyataan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa alam, maka itu benar adanya.

Lingkungan terdiri dari dua unsur, yaitu unsur hidup atau biotik seperti hewan, tumbuhan, dan manusia serta unsur mati atau abiotik seperti air, udara, dan tanah. Lalu apa hubungannya ini dengan manusia? Manusia merupakan salah satu unsur yang membentuk lingkungan. Manusia juga ada dan bisa hidup sampai sekarang juga karena lingkungan. Lingkungan memberikan segalanya bagi yang ada di dalamnya. Mungkin kata yang lebih tepat adalah apa yang ada di dalam lingkungan saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jadi lingkungan adalah tempat di mana semua saling bergantung pada satu sama lain untuk bisa bertahan hidup.

Dampak Lingkungan terhadap Kesehatan Fisik Manusia

Kesehatan fisik manusia sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia itu sendiri. Tubuh yang manusia gunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari akan sangat fatal akibatnya jika ada sesuatu yang salah di dalamnya. Jika kita gambarkan dengan perumpamaan, mesin tidak akan bisa berjalan dengan baik jika salah satu komponennya rusak atau hilang bukan? Sama halnya dengan manusia, pada dasarnya makhluk hidup adalah mesin alami yang dibuat oleh Tuhan, jadi perumpamaan ini masih relevan. Salah satu hal yang memengaruhi kesehatan fisik manusia adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan memengaruhi kesehatan fisik manusia?

Lingkungan adalah tempat di mana manusia berada, seperti yang saya tulis tadi. Manusia secara langsung akan berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya untuk bertahan hidup bukan? Dengan demikian, manusia merupakan makhluk hidup yang bergantung dengan eksistensi makhluk hidup dan benda mati lain. Namun bagaimana jika makhluk hidup dan benda mati yang manusia berinteraksi dengannya memberikan dampak buruk? Maka itu akan sangat merugikan bagi manusia. Ambil contoh limbah radioaktif. Jika di suatu lingkungan yang mengandung limbah radioaktif ada manusia di dalamnya, maka besar kemungkinan manusia tersebut terkena radiasi. Dampak radiasi limbah radioaktif pada manusia bisa sangat beragam mulai dari mutasi, cacat permanen, tumor, dan masih banyak lagi. Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa lingkungan tempat manusia tinggal harus aman dan tidak berbahaya bagi manusia. Akan sangat ironis apabila tempat di mana makhluk hidup menggantungkan hidupnya malah menjadi kuburannya sendiri.

Dampak Lingkungan terhadap Kesehatan Mental Manusia

Jika kita tadi sudah membicarakan tentang makhluk hidup dan benda mati yang berdampak pada manusia, sekarang kita akan membicarakan tentang bagaimana manusia bisa memengaruhi manusia lain. Seperti yang kita ketahui, hampir tidak mungkin manusia bisa hidup tanpa adanya keberadaan manusia lain. Jadi manusia juga bergantung pada sesamanya selain pada makhluk hidup dan benda mati. Tetapi bagaimana jika manusia yang menjadi tempat manusia lain bergantung memberikan dampak buruk?

Manusia merupakan makhluk hidup yang kompetitif. Jika kita seorang individu tidak berhasil mencapai sesuatu, maka besar kemungkinan individu tersebut dicap sebagai individu yang gagal. Lalu jika manusia tempat individu tersebut bergantung juga memberikan timbal balik yang buruk akan kegagalannya, lantas kemana lagi individu tersebut bisa bergantung? Inilah yang berdampak buruk pada mental individu tersebut. Individu tersebut sudah dicap sebagai kegagalan dan tidak memiliki tempat kembali dan yang melakukan hal tersebut adalah sesama manusia yang seharusnya saling bekerja sama untuk bertahan hidup. Di sinilah kesehatan mental dari individu tersebut bisa terluka. Itulah pentingnya untuk menjadi tempat bergantung manusia lain. Jadilah tempat pulang yang orang nantikan, jadilah manusia yang membuat manusia lain nyaman.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER