Home / IKLIM / Bagaimana Iklim dapat Memengaruhi Adaptasi Hewan?

Bagaimana Iklim dapat Memengaruhi Adaptasi Hewan?

Iklim di Bumi

Keadaan suatu daerah atau pemukiman yang meliputi suhu, kelembapan, intensitas matahari, dan keadaan awan hujan adalah yang biasa kita sebut iklim. Iklim merupakan hal esensial yang ada di bumi ini. Adanya iklim juga merupakan tanda bahwa bumi ini bulat dan berputar pada porosnya serta melakukan revolusi mengelilingi matahari.

Adanya iklim juga merupakan tanda bahwa bumi memiliki keragaman spesies makhluk hidup dan keadaan permukaan yang sama beragamnya. Banyaknya jenis iklim yang terjadi di muka bumi memiliki banyak dampak. Dampak yang positif memang kelihatan lebih banyak daripada dampak negatifnya. Tetapi apakah benar demikian?

Dampak Iklim

Iklim yang bervariasi tentu saja memiliki dampak yang signifikan bagi bumi dan segala isinya termasuk makhluk hidup. Bayangkan saja dengan selisih intensitas sinar matahari, suhu, keadaan awan, dan kelembapan, itu sudah cukup untuk bisa mengubah hampir sebuah bioma. Ini karena banyak hal yang bisa perbedaan tersebut sebabkan. Dengan perbedaan kecil saja bisa menyebabkan perubahan sebesar itu, bagaimana jika perbedaan yang ada lebih besar dari yang seharusnya? Pembahasan untuk itu bisa kita simpan untuk nanti. Sekarang mari fokus bagaimana dampak iklim terhadap keadaan lingkungan, khususnya lingkungan biotik atau lingkungan hidup.

Dampak yang iklim timbulkan kepada makhluk hidup atau lingkungan biotik sangat beragam. Berbagai hal bisa terjadi yang disebabkan oleh perbedaan iklim. Kita bisa ambil contoh hampir tidak ada hewan yang sama di Kutub Utara dan di daerah tropis seperti Afrika. Faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah perbedaan iklim yang sangat mencolok di antara kedua daerah tersebut. Iklim Kutub Utara yang dingin dan suhu di bawah nol sudah menjadi makanan sehari-hari makhluk hidup di sana. Lain dengan Afrika yang terkenal dengan panasnya yang menyengat. Makhluk hidup terutama hewan di sana sudah kebal dengan suhu di atas 35 derajat celsius.

Iklim yang Menginduksi Adaptasi Hewan

Iklim pada dasarnya adalah sesuatu yang memaksa. Mengubahnya sesuai kemauan tidak bisa kita lakukan sejauh ini. Daripada menghabiskan waktu melakukan sesuatu yang hampir mustahil dan masih di luar jangkauan kemampuan kita, bagaimana jika melakukan hal yang bisa kita lakukan? Ya, kita di sini membicarakan tentang adaptasi. Hewan yang tinggal di muka bumi ini sudah melakukan hal yang bernama adaptasi ini. Adaptasi mereka terjadi kemungkinan besar karena insting dan naluri alamiah atau natural mereka. Lain dengan manusia yang kebanyakan adaptasinya bergantung pada proses berpikir yang kemudian bergantung pada benda-benda tertentu. Hewan memiliki sistem yang membuatnya bisa beradaptasi dengan iklim habitat yang mereka tinggali.

Jika kita membicarakan tentang dingin, yang ada di pikiran kita mungkin adalah jaket yang tebal, minuman hangat, dan penghangat dalam ruangan. Semua yang anda pikirkan di atas sudah dimiliki oleh hewan yang tinggal di iklim super dingin seperti di Kutub Utara dan Selatan. Ambil contoh beruang kutub. Mereka memiliki bulu tebal yang berfungsi sebagai ‘jaket’, mereka memiliki cadangan lemak yang berguna untuk penghangat, dan regulasi suhu tubuh untuk beradaptasi dengan suhu dingin yang ekstrem.

Sama halnya dengan binatang yang tinggal di iklim lain. Mereka memiliki andalan mereka sendiri untuk beradaptasi dengan iklim lingkungan mereka. Ini adalah bentuk dari naluri alamiah mereka untuk bertahan hidup. Hewan akan melakukan yang terbaik bagi mereka untuk bertahan hidup. Iklim yang ekstrem berarti mereka juga harus menunjukkan kemauan bertahan hidup yang sama ekstremnya juga. Jika tidak, hanya kepunahan yang menunggu mereka. Banyak orang yang bilang alam itu baik dan alam itu kejam. Pada kenyataannya alam itu adalah keduanya. Kejam sekaligus baik, itulah alam.

Kesimpulan

Iklim memiliki berbagai dampak pada makhluk hidup. Banyak hal yang bisa diakibatkan oleh iklim kepada makhluk hidup seperti hewan. Beragamnya iklim di muka bumi ini juga berarti beragam juga hewan yang ada di setiap iklimnya. Hewan yang berada di iklim ekstrem juga memiliki kemampuan beradaptasi yang juga ekstrem. Itu semua untuk bertahan hidup.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER