Home / MUSIM / Apakah Musim Panas dan Musim Kemarau Berbeda?

Apakah Musim Panas dan Musim Kemarau Berbeda?

Musim dan Ciri Khas Masing-masing

Tiap musim memiliki ciri khasnya masing-masing. Negara subtropis yang terkenal dengan 4 musimnya dan negara tropis yang terkenal dengan 2 musimnya. Banyak perbedaan yang bisa kita sebutkan dari tiap-tiap musim yang ada. Bagaimana musim dingin bisa membuat udara membeku, musim gugur yang bisa menimbulkan hujan daun, musim semi yang penuh dengan aroma tanaman segar, dan musim panas yang khas dengan suasana panasnya. Ini berlaku juga pada 2 musim. Musim hujan yang memiliki rasa basah, dan musim kemarau yang membawa angin kering. Musim-musim sendiri pada awalnya dikelompokkan berdasarkan keadaan yang musim itu sendiri timbulkan.

Meskipun memiliki perbedaan, ada beberapa dari mereka yang mirip. Ambil contoh musim hujan yang khas dengan suasana dingin serta basah, sama halnya dengan musim dingin. Bedanya musim dingin terasa kering ketimbang basah. Hal yang sama juga berlaku pada musim kemarau dan musim panas. Musim kemarau yang memiliki suasana panas dan kering terasa sama dengan musim panas yang juga panas. Tetapi sedikit perbedaannya adalah hujan masih dapat terjadi dalam musim panas, sedangkan pada musim kemarau hujan hampir tidak pernah terjadi.

Musim Kemarau yang Kering

Seperti yang saya tulis di atas, musim kemarau terkenal dengan suasana kering dan panas, berbanding terbalik dengan musim hujan yang basah serta dingin dan juga sejuk. Musim kemarau yang terjadi mulai dari bulan April atau bulan keempat berakhir pada bukan November atau bulan kesepuluh. Selanjutnya akan dilanjutkan oleh musim hujan yang dingin, basah, dan juga sejuk.

Mengapa musim panas terasa panas? Itu karena musim panas adalah musim di mana angin membawa hawa panas yang berada di benua Australia. Angin panas yang membawa hawa gurun ini biasa kita sebut sebagai angin muson timur. Australia yang terkenal dengan suhunya yang tinggi memiliki gurun yang luas. Tak terhindarkan angin muson timur pun membawa hawa panas dari gurun tersebut. Angin muson yang kering dan panas ini pun menyebabkan musim kemarau ke daerah yang angin tersebut lewati. Salah satunya adalah Indonesia dan beberapa negara yang terletak di Asia Tenggara lainnya.

Musim Panas yang juga Panas

Merupakan salah satu musim dari seri negara 4 musim. Musim yang terkenal dengan hawa dan suasana panasnya ini banyak menjadi musim favorit di berbagai negara yang mengalaminya. Ini karena musim panas selalu identik dengan liburan yang berdurasi cukup panjang. Di beberapa negara musim ini berlangsung mulai dari bulan Juni sampai September, di negara lainnya berlangsung sejak Desember hingga Maret. Perbedaan ini terjadi karena posisi suatu negara di belahan bumi. Tergantung di mana letak negara tersebut, musim panas bisa terjadi dengan waktu yang beragam.

Seperti yang saya tulis di atas, musim panas terjadi karena dalam suatu periode tertentu, suatu belahan bumi mendapat intensitas sinar matahari yang lebih dari biasanya. Bahkan bisa kita sebut sebagai intensitas sinar matahari tertinggi terjadi saat musim panas. Karena musim ini terjadi hanya pada belahan bumi yang bukan merupakan iklim tropis, jadi musim ini hanya terjadi di negara subtropis dan iklim sedang. Sama seperti 3 musim lainnya.

Perbandingan Musim Panas dan Musim Kemarau

Musim panas dan musim kemarau tidak memiliki banyak perbedaan yang signifikan dan mencolok. Sedangkan untuk persamaan cenderung sebaliknya. Banyak persamaan yang bisa kita lihat dari kedua musim ini. Seperti hawa panas yang khas, dan seringkali terjadi pada paruh akhir tahun. Sedangkan untuk perbadaan ada yang mencolok, yaitu musim kemarau sangat jarang terjadi hujan sedangkan musim panas sebaliknya, sering terjadi hujan.

Akhir Kata

Musim kemarau yang merupakan musim panas bagi negara tropis memiliki berbagai persamaan dengan musim panas yang asli milik negara subtropis. Tetapi sejatinya mereka adalah dua hal yang cukup berbeda dalam beberapa hal seperti intensitas hujan yang cukup tinggi pada musim panas dan sangat rendah pada musim kemarau. Tetapi pada akhirnya persamaanlah yang lebih mencolok daripada perbedaan.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER