Home / CUACA / Akurasi Ramalan Cuaca yang Berkurang akibat Perubahan Iklim

Akurasi Ramalan Cuaca yang Berkurang akibat Perubahan Iklim

Perubahan Iklim dan Cuaca

Beberapa tahun belakangan perubahan iklim semakin menjadi-jadi di seluruh penjuru bumi yang kita tinggali ini. Semakin lama kesannya perubahan iklim semakin tidak terkendali dan sudah tidak bisa kembali seperti semula lagi. Banyak ahli yang mengatakan bahwa harapan kita masih banyak dan juga jalan yang kita lalui masih panjang. Jangan putus harapan. Karena perkataan seperti itulah orang-orang sekarang cenderung mengabaikan perubahan iklim yang terjadi beberapa dekade belakangan. Bahkan tidak jarang ada yang menyebut bahwa perubahan iklim itu sekadar berita bohong dan akal-akalan pemerintah saja. Padahal ancamannya sangat nyata di depan mata kita, umat manusia.

Dampak dari perubahan iklim ini semakin parah seiring bertambahnya waktu. Bahkan suhu rata-rata permukaan bumi bertambah sekitar satu derajat celsius sejak revolusi industri 2 abad lalu. Mungkin bagi anda yang percaya bahwa perubahan iklim itu tidak nyata, anda ingin bukti yang lebih nyata. Jika demikian anda bisa merasakan sendiri banyak bencana yang berkaitan dengan iklim akhir-akhir ini, mencairnya es di Kutub Utara dan Selatan, cuaca yang makin tidak menentu, dan masih banyak lagi.

Cuaca yang tidak Menentu

Cuaca yang tidak menentu menyebabkan sedikit kepanikan di mana-mana. Memang bukan kepanikan masal seperti yang terjadi di film-film yang mengangkat tema hari akhir atau hari kiamat. Tetapi kepanikan ini cukup mengganggu bagi orang-orang. Cuaca yang tidak menentu adalah salah satu akibat dari perubahan iklim yang mulai terjadi beberapa waktu ke belakang. Tetapi bukan berarti cuaca benar-benar tidak menentu seperti 5 menit pertama panas terik, dan 5 menit selanjutnya hujan deras. Cuaca yang tidak menentu belum sampai tingkat ekstrem seperti itu. Tetapi meskipun belum, tetap saja menimbulkan kerugian bagi manusia.

Dampaknya pada Ramalan Cuaca

Ramalan cuaca sedikit banyak juga akan menerima kerugian yang tidak bisa terhindarkan dari ketidaktentuan cuaca ini. Ramalan cuaca yang menggunakan cuaca sebagai objek utamanya tentu saja akan terkena dampak dari cuaca yang tidak menentu. Seharusnya hari ini ramalan cuaca mengatakan hujan, tetapi kenyataannya hanya panas terik yang ada. Begitu pula sebaliknya, anda berharap cerah malah badai yang menerjang. Saya yakin anda sudah sering mengalami hal tersebut. Tetapi itu semua bukan berarti ramalan cuaca yang tidak akurat dalam memprediksi cuaca hari itu. Tetapi itu hanya salah satu bentuk dari tidak menentunya cuaca yang akan terjadi.

Untuk bisa mengatasi hal ini, lembaga meteorologi harus benar-benar mengkaji data yang ada dan mengumpulkan data dengan skala yang lebih besar serta jauh. Ini untuk mencegah salah dalam pengolahan serta mencegah miskalkulasi. Tentu saja semua hal di atas akan menjadi kerja ekstra bagi para ahli untuk mengatasi defisit dan kekurangan data. Tetapi dengan mengatasi kekurangan tersebut, prediksi cuaca akan bisa lebih akurat.

Akurasi yang Turun Drastis

Akurasi atau ketepatan ramalan cuaca akan turun drastis karena cuaca yang tidak menentu ini. Memang tidak akan merugikan banyak orang jika yang meleset hanya sekadar gerimis kecil. Tetapi akan lain cerita jika prediksi yang meleset adalah prediksi badai tropis atau bahkan siklon. Ini akan menyebabkan kerugian yang tidak kecil baik bagi masyarakat awam, para ahli, dan juga pemerintah.

Tetapi sepertinya anda tidak perlu khawatir untuk prediksi terjadinya badai atau siklon tropis. Karena badan metorologi suatu negara sudah memiliki alat yang lebih canggih dan memiliki prediksi yang lebih tepat untuk ramalan cuaca ekstrem seperti ini. Tetapi bukan berarti anda harus menganggap ketidaktentuan cuaca ini sebagai hal yang ringan.

Meskipun perubahan iklim menyebabkan akurasi ramalan cuaca berkurang dan membuat badan metorologi bekerja ekstra, bukan berarti anda tidak bisa mempercayainya. Anda harus tetap mempercayai ramalan yang keluar pada waktu itu. Tetapi anda harus membawa alat bantu untuk berjaga-jaga. Contohnya meskipun ramalan cuaca berkata hari ini cerah, tidak ada salahnya sediakan sedikit ruang di tas anda untuk tempat payung dan jas hujan. Semoga anda beruntung dalam menghadapi berkurangnya akurasi ramalan cuaca ini.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER